Di hari kedua ini
saya sudah mulai beraktivitas seperti teman - teman . Karena Laptop
sayamasih menggunakan windows ,awalnya di dikasih tau teman teman
gini “laptop kamu masih windows??, jangan sampai tau temen temen
yang lain nanti di tertawain ntar”. Langsung saya cari master yang
di gunakan yaitu LINUX .Saya dicariin sama mas Zenfanya Yang dari SMK
N 1 Jepara , Langsung di instalin Sama dia.
Selesai install
saya di ajari mas Zenfanya untuk buka terminal LINUX yaitu dengan
cara Piliih CTRL+ALT+T pada keyboard .lansung keluar seperti CMD
,lalu memasukan SUDO SU , lalu memasukan password. Setelah itu saya
baca baca dulu apa itu SOP (Standart Operational Prosedure).
Setelah Jam 11
Saya makan di warung budhe , lalu ke kost untuk ngecas hp setelah itu
pergi juamatan.salahnya lagi saya ternyata jum’atan di masjid
Muhamadiyah Padahal saya orang NU.tapi gak papa Buat pengalaman
pertma kali Jumatan di Klaten.
Kemudian Saya ke
Kost Sebentar lalu saya kembali ke Blc Lagi untuk melanjutkan
prakerin.saya masih memhami Apa itu SOP ,Kegunaan SOP, Tujuan SOP,Dan
keuntungan SOP.Kemudian saya iseng iseng mau mempercantik terminal ,
dan saya di ajarin mas zenfannya lagi . Saya di cariin link untuk
mempercantik tampilan Terminal .
A. PENGERTIAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi
kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses
penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
1. Format Umum Standard Operating Prosedure (SOP)
Ada empat faktor yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan
format penyusunan Standard Operating Prosedure (SOP) yang akan
dipakai oleh suatu organisasi yaitu:
• banyaknya keputusan yang akan dibuat dalam suatu prosedur.
• Banyaknya langkah dan sub langkah yang diperlukan dalam
suatu prosedur.
• Siapa yamh dijadikan target sebagai pelaksana Standrad
Operating Prosedure (SOP)
• tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Standard Operating
Prosedure (SOP) ini.
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi
kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses
penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.
1. Format Umum Standard Operating Prosedure (SOP)
Ada empat faktor yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan
format penyusunan Standard Operating Prosedure (SOP) yang akan
dipakai oleh suatu organisasi yaitu:
• banyaknya keputusan yang akan dibuat dalam suatu prosedur.
• Banyaknya langkah dan sub langkah yang diperlukan dalam
suatu prosedur.
• Siapa yamh dijadikan target sebagai pelaksana Standrad
Operating Prosedure (SOP)
• tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Standard Operating
Prosedure (SOP) ini.
Setelah itu saya kembali ke kost sama teman teman Dari Sidoharjo Wonogiri.Awalnya saya nggak tau saya di tunjukin jalan tikus dan saya kebingungan, karene di lewatin jalan tikus.
~Terima Kasih~
0 Comments:
Posting Komentar